BIBIT JAMUR TIRAM

 Bibit jamur tiram merupakan hal yang paling utama dan sangat menentukan dalam keberhasilan proses budidaya jamur tiram, yang  utama yang  harus diperhatikan adalah memilih  bibit jamur tiram. Jika seandainya tidak bisa membuat bibit jamur tiram para pembudiadaya juga bisa dengan cara membeli bibit jamur tiram. namun dalam membeli bibit jamur tiram ini kita harus memperhatikan kualitasnya terutama media yang digunakan. Dibawah ini kami akan coba paparkan sedikit mengenai tingkat dan tentangbibit jamur tiram :

Bibit Jamur Tiram F0/kultur Murni ( kami jual dengan harga Rp. 125.000,- /tabung reaksi)

(bibit jamur tiram kami buat dengan media PDA)

Yang pertama yaitu pengambilan spora langsung diambil langsung dari induk jamur/jamur yang sudah dewasa.Jamur Tiram Putih dewasa memiliki ciri bilah-bilah atau sekat-sekat dengan jumlahnya yang banyak. Dalam bilah-bilah tersebut terdapat bagian yang disebut Basidia. Di ujung Basidia ini terdapat kantung  berisi banyak spora atau yang disebut juga Basidiospore. Fungsi Spora ini  adalah untuk berkembang biak pada jamur tiram.

Biasanya media yang  digunakan dalam menghasilkan kultur murni jamur tiram konsumsi adalah Potatoes Dextrose Agar (PDA) yang juga bisa dibeli dalam bentuk siap pakai. Dari satu tabung bibit  jamur tiram F1 bisa dipakai untuk usaha budidaya jamur tiram dalam skala menengah.

Bibit Jamur Tiram F1 (kami jual dengan harga Rp. 65.000,- /Botol)

(bibit jamur tiram dibuat dengan media jagung murni)

Bibit Jamur tiram F1adalah hasil turunan dari bibit jamur tiram F0. Dalam satu tabung F0 bibit jamur tiram bisa diturunkan ke 10 botol bibit jamur tiram F1. Tahap kedua ini bertujuan untuk memperbanyak miselium jamur yang berasal dari pembiakan murni. Dari PDA dimasukkan kedalam media biji-bijian, bahannya jagung. Kemasan yang digunakan adalah botol saus.

Bibit Jamur Tiram F2 (kami jual dengan harga Rp. 10.000,-/botol)

(bibit jamur tiram dibuat dengan media jagung murni)

Bibit jamur tiram F1 bida diturunkan lagi menjadi bibit jamur tiram F2. media digunakan bisa sama dengan yang digunakan pada F1. Pembiakan bibit jamur tiram tahap ketiga ini juga bertujuan memperbanyak misellium dari bibit F2. Dari bibit jamur F2 nantinya bisa digunakan untuk pembibitan pada media tanam (baglog) hingga menjadi 50 baglog.
Selamat mencoba membuat bibit jamur tiram dan lihat juga cara budidaya jarum tiram.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s